Deskripsi Diri

Khairil Anwar, SE, M.Si lahir di Paya Naden pada 20 April 1978 dari pasangan Tengku Umar bin Abu Bakar dan Fatimah binti Muhammad. Gelar Sarjana di peroleh dari Unsyiah Banda Aceh, sementara gelar Magister di peroleh dari SPs-USU Medan. Sejak tahun 2002 sampai saat ini bekerja sebagai dosen pada Prodi IESP Fakultas Ekonomi Universitas Malikussaleh. Menikah dengan Riza Izwarni dan telah dikarunia dua orang anak; Muhammad Pavel Askari dan Aisha Naury.

Sabtu, 24 Desember 2011

Ini Lho, Cara Mudah Belajar SPSS

»

Ini Lho, Cara Mudah Belajar SPSS

Sabtu, 24 Desember 2011

Share this history on :
0digg
Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) merupakan salah satu paket program statistik yang diaplikasikan penggunaannya dengan perangkat komputer baik PC maupun Laptop yang bertujuan untuk memudahkan peneliti dalam menyelesaikan pengolahan data, terutama data-data dengan ukuran n sample nya besar. 
 
Walaupun demikian, yang paling penting untuk kita pahami bahwa setiap ukuran-ukuran output yang dihasilkan oleh SPSS tetap merupakan dasar dari perhitungan rumus-rumus di dalam statistik.

Pengolahan data penelitian sendiri tidak serta merta mewajibkan si peneliti untuk menggunakan program SPSS ini, dalam beberapa kasus parameter dari variabel-variabel yang diteliti dapat diselesaikan dengan menggunakan program Microsoft Excel, Eviews, SAS, dll. 
 
Bahkan untuk jumlah n sampel yang relatif sedikit (terutama untuk penggunaan data time series) parameter dari variabel yang diteliti dapat dihitung secara manual, dengan syarat telah memahami dengan baik pengetahuan statistik dan ekonometrik.

Terlepas dari metode dan alat bantu apa yang digunakan si peneliti dalam mengolah dan menganalisa data penelitian, SPSS terbukti merupakan salah satu program yang paling mudah untuk dipahami dan dioperasionalkan. 
 
Kenapa demikian? Karena SPSS diaplikasikan pada under windows sehingga si peneliti hanya perlu meng-klik icon-icon yang sesuai dengan apa yang diinginkan, jauh lebih mudah dari penggunakan Eviews yang harus memberikan beberapa perintah untuk meng-run data, apalagi kalau membandingkan dengan pengolahan manual yang kemungkinan butuh waktu ber jam-jam untuk menghasilkan parameter dari variabel yang diujikan.

Menjalankan program SPSS hanya perlu pengetahuan dasar tentang Aplikasi Komputer dan tentu saja telah mengenal program ini. Jika kedua pengetahuan dasar telah dimiliki, maka menggunakan SPSS untuk pengolahan data sangatlah mudah. Dikatakan mudah karena aplikasi yang ditawarkan pada program ini tidaklah sesulit yang dibayangkan, untuk menge-run satu output SPSS kita hanya butuh waktu sekitar 2 menit, waktu terbesar yang justru diperlukan adalah untuk menginput data. Hal ini terjadi karena untuk run data semua bentuk uji yang diinginkan oleh si peneliti telah tersedia, sehingga hanya perlu meng-klik dan langsung keluar hasil.

Perlu diperhatikan dalam menjalankan program SPSS ini adalah memastikan pada PC maupun Laptop telah di-install, jika program telah tersedia langkah selanjutnya adalah membuka lembar kerja. 
 
Pada lembar kerja SPSS terdapat 2 tampilan muka yaitu; Data View dan Variable View. Data View merupakan tempat untuk menginput data, atau tempat mem-paste data (jika diinput pada program lain. Mis. Excel), sedangkan Variable Data merupakan tempat untuk men-define set data sesuai dengan yang diperlukan misalnya nama variabel, jenis data, label, values, measure, dan lain-lain. 
 
Untuk pengolahan data time series bahkan Variable View sama sekali tidak perlu dirubah, langsung menginput data dan melakukan run dengan meng-klik analyze dan memilih uji apa yang diperlukan misalnya regression, dan lain-lain.

Lhokseumawe, 23  Desember 2011

Oleh : Khairil Anwar dosen Universitas Malikussaleh Lhokseumawe
Email: KHAIRILANWAR@fe-unimal.org 

1 komentar:

  1. Tiket Pesawat Murah Online, dapatkan segera di SELL TIKET Klik disini:
    selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di agen.selltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI :
    No handphone :082276603391
    PIN : 5364257d

    BalasHapus